Minggu, 28 Mei 2017

Cara Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cepat

Cara meningkatkan pengunjung blog dengan cepat, tentu tak secepat yang kita bayangkan jika tidak dilakukan dengan benar dan telaten. Trafik merupakan hal terpenting dalam sebuah website/blog karena semakin tinggi trafik berarti semakin baik reputasi blog yang sedang dikelola. Kunci utama mendatangkan pengunjung adalah konten. Kita sebagai penulis dituntut untuk menyediakan konten yang benar-benar bermanfaat. Dengan begitu, mendapatkan pengunjung tetap akan lebih mudah. Pengunjung tetap (begitu cara saya menyebutnya) adalah mereka para netizen yang setia membaca artikel yang kita sajikan. Jadi bukan semata-mata mereka nyasar.

Visitor atau pengunjung bisa datang dari mana saja, namun kebanyakan blogger pemula beranggapan semata-mata dari mesin pencari. Padahal hal itu kesalahan besar. Kenapa ? Blog baru akan sangat kesulitan bersaing dengan situs lain yang tentunya lebih afdol untuk menempati halaman pertama Google. Jadi kita harus memanfaatkan alternatif lain mendatangkan pengunjung blog seperti melalui medsos atau backlink.


Backlink adalah link yang ada pada sebuah situs yang mengarah menuju halaman blog kita. Cara mencari backlink dapat dilakukan bermacam cara. Salah satunya adalah dengan berkomentar di blog lain atau bisa juga menjadi guest blogger (blogger tamu).


traffic
Cara meningkatkan trafik blog dengan cepat

Cara meningkatkan trafik blog dengan cepat

Beberapa cara dibawah ini bisa kamu terapkan untuk mendatangkan pengunjung blog dan tidak tergantung pada search engine apalagi bagi kamu yang baru saja terjun ke dunia blogging. Karena akan lebih mudah menerapkan cara-cara dibawah daripada harus menerapkan tips-tips SEO. Memang, SEO adalah kunci dari kesuksesan kamu ngeblog. Tapi buat yang masih awam, akan kesulitan menerapkannya secara langsung. Jadi lebih baik belajar sedikit demi sedikit.

1. Blog Walking
Blog walking adalah mengunjungi blog orang lain kemudian meninggalkan komentar yang sesuai dengan artikel melalui kolom komentar yang telah disediakan. Tips berkomentar yang baik adalah sesuai dengan topik yang sedang dibahas saat itu. Memberikan kritik dan saran akan membuat pemilik blog senang karena setiap blogger perlu dukungan dari blogger lain. Disitulah pentingnya menjalin hubungan dengan sesama blogger.

Dengan meninggalkan komentar dan URL yang telah disediakan formnya, itu berarti kita sudah mempunyai backlink untuk blog yang kita kelola. Pentingnya membangun backlink untuk blog sendiri salah satunya untuk reputasi dimata search engine. Semakin banyak link yang mengarah ke sebuah blog, semakin baik juga blog tersebut dimata mesin pencari.

2. Social Media
Social media (medsos) saat ini banyak macamnya. Ambil contoh Facebook, Twitter, serta Google Plus saat ini ramai dan pastinya bisa dimanfaatkan. Tak heran jika saat ini para blogger yang membagikan link artikel blog untuk mendatangkan pengunjung. Hal yang harus kita manfaatkan dengan baik. Karena selain mudah, cara ini terbukti mampu mendatangkan pengunjung yang banyak.

3. Search Engine
Search engine atau mesin pencari memang menjadi salah satu faktor utama kesuksesan kita membangun blog. Bagaimana tidak. Jika penerapan SEO on page dan SEO off page yang kita lakukan benar-benar matang, bukan tidak mungkin lebih dari 80% visitor datang dari mesin pencari. Tentu butuh waktu lama, tergantung ketekunan kita mengupdate artikel secara teratur dan optimasi mesin pencari apa saja yang dilakukan.

Ada berbagai macam cara optimasi SEO yang bisa kita lakukan. Mulai dari yang mudah sampai yang sulit. Bukan sulit sih kalau kamu tekun belajar dan ada keinginan untuk maju. Cara meningkatkan pengunjung blog dengan mengoptimalkan SEO bisa dengan cara menanam backlink, blog walking, submit ke webmaster, share ke social bookmark atau forum dan termasuk sharing artikel ke sosmed.

Adapun metode SEO on page adalah optimasi yang dilakukan di dalam artikel. Apa saja itu ? Penempatan keyword yang benar, penambahan gambar sebagai pendukung postingan yang disertai tag alt dan title, juga memberi link yang mengarah ke artikel lain pada setiap postingan adalah contoh dari optimasi on page. Dengan optimasi yang baik dan benar, tentu akan mendatangkan banyak pengunjung dari search engine.

4. Bagikan ke forum
Banyak forum besar seperti kaskus, viva, dll yang bisa kita manfaatkan untuk menjaring pengunjung. Salah satu cara yang tidak jauh berbeda dengan share di sosmed. Namun cara ini harus mengeluarkan usaha lebih karena harus membuat artikel yang sesuai dengan blog kita. Tidak seperti mendatangkan pengunjung melalui sosial media yang hanya membagikan link dan mengharap ada yang mengklik dan membaca artikel kita.

Di forum, kita harus membuat judul dan artikel untuk dibagikan. Nah, disitulah. Di artikel yang kita tulis di forum itu nantinya tambahkan link yang menuju artikel pada blog kita. Sedikit tips saat menambahkan link, coba lakukan dengan cara memancing pembaca. Buat mereka penasaran, baru berikan link sehingga pembaca membaca lebih lengkap di blog kita.

5. Dengan cara berbayar
Punya budget lebih ? Jika iya, kamu bisa menjajal yang ini nih. Mencari pengunjung dengan cara mengiklankan blog kita. Salah satunya di facebook. Seperti kita tau, begitu banyak pengguna facebook yang masih aktif setiap waktu. Hal yang sangat bagus jika kita mampu membayar iklan di fb. Facebook ads adalah fitur dari sosial media milik Mark Zuckerberg yang bisa mempromosikan Fan Page pengiklannya sehingga bisa mendapat banyak likers ataupun followers. Jadi kita harus mempunyai halaman facebook terlebih dahulu. Halaman inilah yang nantinya kita gunakan sebagai halaman resmi dari blog yang kita kelola.

Cara lain mengiklankan blog adalah dengan Google Adword. Jika selama ini kamu tau tentang GA (Google Adsense) sebagai cara mendapatkan uang, maka perlu kamu tau bahwasanya pihak Google juga menyediakan jasa iklan untuk blog atau situs untuk bisnis kita. Pernah dengar blogger yang sukses dari GA ? Dengan cara memasang iklan Google di blognya, dan mendapat upah dari setiap klik iklan. Maka yang dibahas saat ini adalah kebalikannya. Dalam pendaftaran Google Adword, kita bisa menentukan berapa besar nilai yang akan kita bayar dari setiap klik iklan yang kita pasang.

Nah, itulah beberapa cara meningkatkan trafik blog dengan cepat yang bisa kamu lakukan untuk mendatangkan banyak pengunjung blog mulai dari yang termudah hingga yang sulit, dari yang gretong hingga yang berbayar. Perlu diingat bahwa dibalik setiap kesuksesan pasti ada perjuangan besar. Setiap proses tak akan menghianati hasil. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, tentu dengan membahas tutoria-tutorial dan cara yang mudah dan Insyaalloh bermanfaat.
Load disqus comments

1 komentar: