Selasa, 06 Juni 2017

Cara Menurunkan Kolesterol Menggunakan Daun Sirsak

Cara menurunkan kolesterol sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara alami. Salah satunya menggunakan daun sirsak ini. Penyakit kolesterol sebenarnya bisa dicegah dengan cara merubah pola makan kita secara teratur dan tidak banyak mengkonsumsi makanan berlemak.

Daun sirsak
Cara menurunkan kolesterol dengan daun sirsak

Kolesterol adalah lemak yang terdapat dalam aliran darah atau sel yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika kadar kolesterol tinggi akan berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti stroke bahkan penyakit jantung koroner.

Kolesterol dibagi menjadi dua macam yaitu LDL (Low Density Lipoprotein) dan HDL (High Density Lipoprotein). Apa itu LDL dan HDL  ? Berikut penjelasannya.

1. Low Density Lipoprotein (LDL)
Kolesterol LDL biasanya disebut kolesterol jahat. Kolesterol ini banyak mengandung lemak yang bisa menumpuk menjadi plak-plak dan akan mempersempit pembuluh darah. Jika LDL tinggi, maka resiko akan terkena penyakit jantung juga tinggi. Kadar LDL yang benar dalam tubuh adalah sekitar 60% hingga 70%.

2. High Density Lipoprotein (HDL)
Kebalikan dari LDL, kolesterol jenis HDL (High Density Lipoprotein) disebut juga kolesterol baik. Kolesterol jenis ini dapat membuang lemak pada pembuluh darah menuju ke hati. Berlawanan dengan LDL, jika kadar HDL dalam tubuh rendah, maka potensi penyakit akan tinggi.

Beberapa hal yang tidak kita sadari bisa saja menyebabkan kolesterol dalam tubuh naik dan tentunya berbahaya karena dapat menimbulkan penyakit. Hal-hal yang dapat menyebabkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh diantaranya :
  1. Faktor usia
  2. Keturunan
  3. Kelebihan berat badan
  4. Banyak mengkonsumsi makanan berlemak
  5. Sering merokok
  6. Kurangnya berolah raga
  7. Tata cara diet yang tidak benar
  8. Diabetes mellitus
Beberapa penyebab kolesterol diatas sebenarnya bisa saja disiasati dengan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Memang, seperti faktor usia dan keturunan saya rasa tidak bisa dicegah. Namun kebiasaan-kebiasaan seperti merokok, pola makan salah, makan lemak, bisa dihilangkan untuk menghindari berbagai penyakit. Usahakan juga melakukan olahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh.

Mempunyai badan sehat dan tidak gemuk bukan tidak mungkin akan terserang kolesterol. Maka dari itu, menjaga dan merubah gaya hidup menjadi lebih sehat sangatlah penting agar kolesterol tubuh tidak terlalu tinggi. Adapun ciri-ciri tubuh yang terkena penyakit kolesterol seperti :
  1. Kesemutan
  2. Nyeri pada bagian leher atau punggung
  3. Seing mual dan muntah
  4. Tubuh yang sangat lelah
  5. Sakit kaki dan tangan
  6. Sakit kepala
  7. Otot kaki melemah
  8. Nyeri dada


Cara menurunkan kolesterol dengan daun sirsak


Selain buahnya yang segar dinikmati apalagi saat cuaca sedang terik, pohon sirsak ternyata punya manfaat di bagian daunnya. Kandungan antioksidan tinggi dalam daun sirsak mempunyai ragam manfaat bagi kesehatan terutama kolesterol. Cara menurunkan kolesterol dengan daun sirsak pun mudah, cukup lakukan beberapa langkah berikut.
  1. Ambil daun sirsak secukupnya, lalu cuci hingga bersih
  2. Rebus daun sirsak dengan segelas air, rebus hingga mendidih
  3. Tuang air rebusan daun sirsak ke dalam gelas
  4. Tunggu hingga hangat atau dingin
  5. Minum air rebusan daun sirsak untuk menurunkan kolesterol
  6. Lakukan secara rutin cara ini dua kali sehari
Selain dapat menurunkan kolesterol, daun sirsak punya banyak manfaat bagi kesehatan lainnya seperti mengobati asam urat, menurunkan kadar gula darah, menangkal radikal bebas juga menjaga daya tahan tubuh. Cara diatas terbukti efektif jika dilakukan dengan benar dan rutin.

Nah, itulah cara mudah menurunkan kadar kolesterol dengan menggunakan daun sirsak yang direbus. Lihat juga berbagai cara seputar kesehatan dan masih banyak tutorial dengan berbagai kategori di blog ini.
Load disqus comments

0 komentar